Selamat Datang di Website Resmi Desa Besan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Media komunikasi dan Transparansi Pemerintah Desa Besan untuk seluruh Masyarakat.

Artikel

Tradisi Ngaben Massal di Desa Besan

10 Agustus 2022 12:33:06  Administrator  376 Kali Dibaca  Berita Desa

Tradisi Ngaben Massal di Desa Besan

Upacara ngaben adalah suatu ritual yang dilaksanakan oleh umat Hindu yang diyakini dapat mengembalikan roh leluhur ke tempat asalnya. Pengembalian ke tempat asalnya untuk menjadikan prathiwi (abu) atau tanah ada du acara, yaitu dengan cara membakar (ngaben) dan menanam ke dalam tanah (metanem).

Dalam tradisi di Desa Besan, setiap orang yang meninggal kebanyakan dari mereka akan ditanam. Ini dipercaya merupakan jalan agar roh orang meninggal dapat ngayah di Pura Dalem. Dan setiap 5 tahun sekali, Desa adat Besan akan melaksanakan pengabenan massal. Ini merupakan tradisi turun temurun yang masih dijaga oleh warga Desa Besan.

Selain merupakan tradisi yang masih dijaga, ngaben massal juga merupakan salah satu cara Desa membantu warganya untuk meringankan biaya dalam prosesi upacara pengabenan.

Pada pengabenan Tahun ini, Desa Besan mengupacarai sebanyak 136 Sawa, ngelungah 113, warak kruron 46 dan ngelanggir 20. Puncak acaranya diadakan pada tanggal senin, 8 Agustus kemarin. Acara ngeroras akan diadakan pada tanggal 22 Agustus dan acara meajar-ajar pada tanggal 26 Agustus 2022. Semoga dengan tetap bertahannya tradisi ini bisa membantu masyarakat Besan dan mempererat hubungan sosial antar sesama

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik Covid-19

 Statistik

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

 Aparatur Desa

 Media Sosial

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:125
    Kemarin:338
    Total Pengunjung:280.240
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:192.168.10.4
    Browser:Tidak ditemukan

 Komentar

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jln Giri Lestari No 01
Desa : Besan
Kecamatan : Dawan
Kabupaten : Klungkung
Kodepos : 80771
Telepon : 036623887
Email : desabesan123@gmail.com